Cara Setting Modem ADSL Speedy

Koneksi internet memang banyak sekali pilihannya, mulai dari yang menggunakan media kabel,fiber optic dan wireless. Pada jaman dulu koneksi internet hanya terbatas menggunakan media kabel karena selain gadget yang belum siap juga tidak adanya provider yang menggunakan wireless sebagai media untuk koneksi internet.Sambungan internet pertama yang ada adalah speedy milik telkom, yang jaringan internetnya menggunakan media kabel, cukup bagus untuk koneksi internet pada waktu itu karena hanya Telkom yang mempunyai jaringan dan menjadi satu-satunya provider internet.Cara seting modem ADSL speedy pada saat itu jarang yang bisa sendiri karena di seting oleh karyawan telkom sendiri, sampai sekarang pun sepertinya yang baru pasang internet speedy yang nyeting modem ADSL nya pasti orang TELKOM hal ini menyulitkan tentunya bagi konsumen ketika suatu saat ada gangguan atau kerusakan pada modem ADSL telkom. Tentunya kita sebagai konsumen sedikit banyak harus mengetahui bagaimana cara seting modem ADSL speedy yang kita punya karena kalau dalam keadaan darurat atau pas hari libur kerja pegawai telkom mungkin tidak akan bisa memperbaikinya waktu itu juga.
Berdasarkan pengalaman mang ucat yang telah menjadi pelanggan tetap telkom speedy sudah banyak mengalami kejadian yang telah di ceritakan sebelumnya yaitu kerusakan pada modem dan menggantinya dengan yang baru dan tentunya harus bisa menyeting ulang modem baru kita, karena modem ADSL speedy baru tidak bisa begitu saja di nyalakan dan langsung konek jaringan internetnya, memerlukan beberapa settingan untuk menkoneksikannya dengan speedy telkom.Berikut adalah langkah-langkah untuk seting modem ADSL speedy baru.
  • Pertama kita nyalakan dulu modem sama komputernya,jangan lupa sambungan kabel dan power serta kabel rj45 sudah terkoneksi dengan benar.
  • Kedua kita buka browser internet yang ada di komputer kita admin disini menggunakan mozzila firefox sebagai default browser internetnya.Setelah itu masukan IP modem ADSL standar yaitu 192.168.1.1 lalu masukan user sama pasword modem kita.(Untuk modem baru user sama pasword adalah admin/admin) seperti tanpak pada gambar di bawar ini.
  • Setelah itu kita masuk ke langkah selanjutnya ada 2 pilihan bisa ke quick start atau pilih ke interface setup pada prinsipnya sama saja karena langkah kemudian di Encapsulation adalah kita pilih ISP PPPoA/PPPoE.Lalu kita masukan 12 angka no speedy kita dan paswordnya seperti tampak pada gambar di bawah ini.Dan kalau semua sudah di isi terakhir kita klik save.
  • Setelah kita save setingan tadi modem akan restart secara otomatis atau kita restart secara manual dengan menekan saklar on/off. Setelah modem ADSL nyala kita tunggu beberapa saat agar 4 lampu indikator pada modem ADSL nyala semua yaitu lampu indikator Power, ADSL,koneksi internet dan lampu indikator koneksi ke komputer kita atau ke hub switch ke jaringan komputer kita.Cek kembali status koneksi kita dengan men klik Status, pastikan semua status up seperti tampak pada gambar di bawah. Setelah semua nyala silahkan sobat test dengan membuka browser internet sobat.
Demikianlah ringkasan secara rinci cara seting modem ADSL speedy telkom,semua langkah-langkah di atas berdasarkan pengalaman mang ucat ketika modem ADSL kita eror atau rusak dan kita sangat membutuhkan penanganan cepat karena kalau modem kita rusak di hari libur kerja atau di malam hari tentu kita tidak bisa mengandalkan teknisi dari telkom datang saat itu juga, kalau kita sudah tau cara menyetingnya sendiri tentunya akan sangat baik karena bisa kita tangani sendiri.Semoga potingan ini bermanfaat bagi sobat pelanggan speedy kalau ada pertanyaan atau apapun silahkan komen di bawah.

0 Response to "Cara Setting Modem ADSL Speedy"

Post a Comment