Memperbaiki Komputer Mati


Cara memperbaiki komputer mati ketika akan di hidupkan. Komputer merupakan alat yang saat ini merupakan instrument elektronika yang paling banyak digunakan dan membantu manusia dalam melakukan tugas-tugasnya baik itu di kantor maupun di rumah, bahkan untuk ukuran jaman sekarang komputer sudah merupakan alat yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Kemajuan teknologi informasi membuat segala sesuatu menjadi mudah terutama pekerjaan yang menyangkut aktifitas sehari-hari dari kerjaan sampai main game online.
Namun adakalanya kinerja komputer mengalami gangguan dan tidak bisa di pakai baik itu karena adanya kerusakan hardware maupun kerusakan yang di sebabkan oleh malware.Untuk kali ini mang ucat mau berbagi pengalaman cara memperbaiki komputer mati yang di sebabkan kerusakan hardware.Ketika kita akan menghidupkan komputer tetapi komputer yang kita miliki tidak mau nyala ada beberapa faktor yang sering terjadi yang mengakibatkan komputer kita tidak mau hidup, berikut mang ucat berikan cara atau langkah-langkah ketika kita mendapati komputer kita mati :
  1. Pastikan kabel-kabel yang terhubung semua dalam keadaan baik,tidak cacat/ putus, tidak kendor dan terhubung dengan baik. Kalau setelah di cek ternyata kabel dalam keadaan baik tapi komputer tetap tidak mau menyala kita lanjutkan dengan langkah selanjutnya.
  2. Buka tutup CPU komputer kita coba perhatikan kipas prosesor apakah normal/ berputar? 
  3. Periksa keadaan motherboard apakah kondisinya baik tidak banyak debu dan kotoran lainnya.Kalau bisa motherboard harus bersih dari debu dengan cara di bersihkan setiap minimal 3 bulan sekali.
  4. Coba cek keadaan memory atau RAM cabut dan bersihkan bagian kaki-kakinya dengan penghapus pensil.
  5. Periksa keadaan Power Suply Unit apakah dalam keadaan normal (biasanya kipasnya nyala/berputar)
  6. Periksa juga soket-soket yang terhubung ke motherboard apakah tidak ada yang kendor dan perhatikan perputaran kipas prosesor apakah berputarnya masih normal.
  7. Kalau masih tidak menyala coba sobat reset cmos cpu dengan cara memindahkan jumper nya.
  8. Apabila CPU masih tidak bisa menyala setelah semua langkah-langkah tadi di lakukan ada kemungkinan CPU kita mengalami kerusakan komponen, yang cara pengecekannya memerlukan beberapa alat ukur untuk mengetes kondisinya.
Demikian untuk ulasan cara memperbaiki komputer mati yang di sebabkan oleh adanya kerusakan hardware,kalau ada pertanyaan silahkan isi di kolom komentar.Mohon maaf bila setelah membaca ulasan ini sobat belum bisa menemukan solusinya, saran dan masukan yang bisa melengkapi ulasan cara pengecekan kalau ada silahkan isi di kolom komentar.Ulasan ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi yang sering terjadi di warnet saya.salam bloger.

0 Response to "Memperbaiki Komputer Mati"

Post a Comment