Cara Sharing File di Windows Xp

Untuk posting kali ini admin pintuajaibkita akan sedikit memberikan tips tentang cara sharing file di windows xp pada sebuah jaringan komputer baik itu di rumah maupun jaringan komputer di perkantoran.Sebuah kenyataan bahwa di jaman sekarang yang segalanya serba menggunakan komputer sebagai alat untuk membantu segala macam kegiatan manusia otomatis menuntut kita agar bisa mengikuti dan menguasai semua kemajuan-kemajuan teknologi yang terus berkembang dari masa ke masa karena kalau kita cuek atau tidak mau mempelajari sesuatu hal yang baru dan terus berkembang maka dapat kita pastikan kita akan tertinggal jauh dari bangsa-bangsa yang sudah terlebih dahulu maju dalam dunia IT atau komputer. Sebagian besar kegiatan kita sehari-hari apalagi yang bekerja di dunia retail dan sebagainya pasti akan selalu bersentuhan dengan yang namanya komputer dan perangkat-perangkat lainnya seperti mesin pencetak dokumen atau printer, scanner,UPS,modem dan lain-lain.
Pada kesempatan kali ini admin pintuajaibkita ingin sedikit berbagi dengan sobat semua yang mungkin lagi mencari artikel tentang cara sharing file di windows xp atau cara sharing dokumen di windows xp pada sebuah jaringan baik di rumah sendiri atau di perkantoran. Apabila kita mempunyai beberapa komputer di rumah kita misalnya atau di kantor tentu akan sangat merepotkan bila suatu file yang sedang anda buat akan di bagi ke beberapa orang atau akan anda cetak melalui printer, dan di rumah atau kantor tersebut hanya memiliki satu mesin printer atau dokumen yang anda ingin kasihkan ke teman kerja anda berada di ruang berbeda di kantor anda. Memang dalam masalah berbagi file kita bisa menggunakan media lain seperti flasdis, email,bluetooth dan lain sebagainya. Tetapi tentu saja itu sangat merepotkan kita apalgai kalau rekan kerja anda tidak mempunyai semua itu tadi atau di sebuah kantor mesin printer nya cuman satu atau dua buah yang mana di kantor anda banyak sekali pekerja dengan komputernya masing-masing.
Baik,untuk solusinya tentang cara sharing file di windows xp pertama-tama kita harus mempunyai jaringan yang sudah betul-betul terkoneksi dengan baik lewat media switch hub, setelah diketahui jaringan kita terkoneksi dengan baik maka kita tinggal membuat folder untuk tempat mensharing semua file-file dan data-data kita.Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan :
  • Buatlah sebuah folder baru di komputer anda terserah mau disimpan dimana itu folder dan kasih nama sesuai dengan keinginan anda.
  • Kemudian klik kanan folder yang telah anda buat tadi,seperti pada gambar di bawah ini 
  • Setelah itu kita klik ikon Sharing, kemudian kita kasih cek list pada pilihan Share this folder on the network, kalau anda menginginkan teman anda yang di kasih sharing dokumen di beri kebebasan untu mengedit dokumen tadi maka silahkan anda juga kasih cek list pada pilihan Allow network users to change my files, kalau anda hanya ingin membaginya saja tanpa mau di edit orang lain jangan di kasih cek list pilihan yang tadi.terakhir tekan apply dan ok.
  • Selesai,anda sudah mempunya sebuah folder yang di sharing di jaringan windows xp selanjutnya anda tinggal mencopy semua file yang ingin anda bagi ke folder tersebut.
  • Untuk melihat file yang anda sharing tadi silahkan suruh teman kantor anda atau siapa saja yang anda kehendaki untuk mengklik Logo Start winxp,kemudian klik My network places pasti folder yang anda sharing tadi ada disituh.
Itulah sedikit tips cara sharing file di jaringan windows xp, kalau ada pertanyaan atau masukan silahkan komen di bawah ya, artikel cara sharing file di windows xp ini di tulis berdasarkan pengalaman admin pintuaajaibkita. Mudah-mudahan bisa bermanfaat buat sobat yang membutuhkan informasi ini,terima kasih.

0 Response to "Cara Sharing File di Windows Xp"

Post a Comment